FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MASYARAKAT MUSLIM TERHADAP PENGGUNAAN JASA PERBANKAN SYARIAH DI KELURAHAN 20 ILIR DIII PALEMBANG

Main Article Content

Erni Erpita Sari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara religiusitas dan persepsi terhadap penggunaan jasa perbankan syariah secara parsial maupun simultan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 90 responden, teknik analisis yang digunakan melalui program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh secara parsial religiusitas berpengaruh positif dengan signifikan (0.014 < 0,05). Maka Ho1 ditolak, Ha1 diterima. Sedangkan variabel persepsi berpengaruh positif dengan sinifikan (0,000 < 0,05). Maka Ho2 ditolak, Ha2 diterima. Secara simultan kedua variabel berpengaruh positif dengan signifikan 0,000. Ho3 ditolak, Ha3 diterima Pengaruh secara koefisien determinasi variabel persepsi berpengaruh positif terhadap penggunaan jasa perbankan syariah. Variabel Religiusitas berpengaruh terhadap penggunaan jasa perbankan syariah dilihat dari R square= 0,353% atau 35,3%. Sedangkan sisanya 64,5 di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penenlitian ini. Variabel Persepsi berpengaruh terhadap penggunaan jasa perbankan syariah dilihat dari R square 0,442% atau 44,2% sedangkan sisanya 55,8 di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Article Details

Section
Articles