PENGARUH SISTEM BAGI HASIL TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI KEBUN KARET (STUDI KASUS DI DESA GALANG TINGGI KECAMATAN BANYUASIN III)

Main Article Content

 Dina Haryati

Abstract

Penelitian ini bertempat di Desa Galang Tinggi Kecamatan Banyuasin III. objek yang diteliti adalah masyarakat petani kebun karet. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sistem bagi hasil terhadap kesejahteraan masyarakat petani kebun karet (Studi kasus di Desa Galang Tinggi Kecamatan Banyuasin III). Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yaitu metode analisis yang berdasarkan dengan perhitungan yang di lakukan oleh peneliti. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah sistem bagi hasil (X) dan variabel terikat dalam Penelitian ini adalah kesejahteraan masyarakat (Y). Untuk menganalisis kedua variabel tersebut penulis menyebarkan kuesioner kepada 60 responden petani kebun karet, kemudian hasil penelitian diolah dan dianalisis denga menggunkan metode stastistik SPSS 22.0, hasil perhitungan Analisis uji koefisien determinasi sederhana menunjukan bahwa terdapat pengaruh sistem bagi hasil terhadap kesejahteraan masyarakat Di Desa Galang Tinggi sebesar sebesar 92,8%. Sedangkan sisanya sebesar 7,2% (100% - 92,8%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penulisan.

Article Details

How to Cite
Haryati, D. (2019). PENGARUH SISTEM BAGI HASIL TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PETANI KEBUN KARET (STUDI KASUS DI DESA GALANG TINGGI KECAMATAN BANYUASIN III). Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 4(2), 43-50. https://doi.org/10.36908/esha.v4i2.157
Section
Articles