MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN ANALISIS METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA

  • Hendra Galuh Febrianto Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Amalia Indah Fitriana Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital, Tingkat Kesehatan Bank

Abstract

ABSTRACT

In the banking world of soundness, banks are very important for the formation of trust. Trust and loyalty to banks is a very helpful factor and makes it easier for bank management to develop good business strategies. Bank Soundness Levels are results issued by banks which are carried out on bank risk and performance (Bank Indonesia Regulation Number: 13/1 / PBI / 2011). If more than conventional banking with Islamic banking, conventional banking finance is better than Islamic banking. This is blessed with poor sharia banking (corporate governance) management. In order to be able to carry out its functions properly, banks must have sufficient capital, ensure the quality of their assets properly, be well managed and managed based on the principle of prudence, generate sufficient profits to maintain an increase, and support liquidity so that it can be adjusted to their needs. Therefore banks are required to be able to achieve and maintain a good and optimal level of performance, because the level of bank performance can increase the level of trust and loyalty needed by the wider community to use the products, services and financial activities of the bank.

The purpose of this study is for advanced financial research with analysis of Risk Profiles (Risk Profiles), Good Corporate Governance (GCG), Profitability (Income), and Capital (Capital) which is hereinafter abbreviated as RGEC with the final aim of research for the needs of Sharia banking management in accordance with the latest Bank Indonesia and OJK regulations.

This type of research uses descriptive research proposed in the RGEC analysis (Risk Profile, Good Corporate Governance, Income, and Capital) at Islamic Banks in Indonesia. from 2013 to 2017.

Keywords: Risk Profile, Good Corporate Governance, Income, Capital, Bank Soundness

 

ABSTRAK

Dalam dunia perbankan tingkat kesehatan bank sangat penting bagi pembentukan kepercayaan. Kepercayaan dan loyalitas nasabah terhadap bank merupakan faktor yang sangat membantu dan mempermudah pihak manajemen bank untuk menyusun strategi bisnis yang baik. Tingkat Kesehatan Bank adalah hasil penilaian kondisi bank yang dilakukan terhadap risiko dan kinerja bank (Peraturan Bank Indonesia Nomor: 13/1/PBI/2011). Jika dibanding antara perbankan konvensional dengan perbankan syariah, kinerja keuangan perbankan konvensional lebih baik daripada perbankan syariah. Hal ini dikarena tatakelola (good corporate governance) perbankan syariah yang masih buruk. Agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik, bank harus mempunyai modal yang cukup, menjaga kualitas asetnya dengan baik, dikelola dengan baik dan dioperasikan berdasarkan prinsip kehati-hatian, menghasilkan keuntungan yang cukup untuk mempertahankan kelangsungan usahanya, serta memelihara likuiditasnya sehingga dapat memenuhi kewajibannya. Oleh karena itu bank dituntut untuk bisa mencapai dan mempertahankan tingkat kinerja yang baik dan optimal, karena tingkat kinerja bank yang baik dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah maupun masyarakat luas untuk menggunakan produk, jasa dan aktivitas keuangan dari bank tersebut.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai tingkat kesehatan keuangan dengan analisis Profil Risiko (Risk Profile), Good Corporate Governance (GCG), Rentabilitas (Earnings), dan Permodalan (Capital) yang selanjutnya disingkat RGEC dengan tujuan akhir merekomendasikan kebijakan untuk memperbaiki manajemen perbankan Syariah yang sesuai peraturan Bank Indonesia dan OJK yang terbaru.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang berfokus pada analisis RGEC (Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, and Capital) pada Bank Syariah di Indonesia. dari tahun 2013 sampai 2017.

Kata kunci: Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital, Tingkat Kesehatan Bank

References

Fahmi, I. (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. In Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal.
Fitriana, N., Rosyid, A., & Fakhrina, A. (2015). Analisis Perbandingan Tingkat Kesehatan Bank Syariah Dan Konvensional Dengan Menggunakan Metode Rgec ( Risk Profile , Good Corporate Governance , Earnings , Dan Capital ). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 17(2), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31941/jebi.v17i2.332
Haris, H., & Hastuti, N. S. (2013). ANALISIS EFISIENSI BANK UMUM SYARIAH DEVISA DI INDONESIA DENGAN METODE DATA ENVELOPMENT ANALYSIS STUDI PADA BANK MUAMALAT INDONESIA DAN BANK SYARIAH MANDIRI. Muqtasid: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah. https://doi.org/10.18326/muqtasid.v4i1.1-25
http://infobanknews.com/perbankan-syariah-kinerja-yang-buruk-karena-tata-kelola/ (diakses
tanggal 29 Juni 2019)
http://www.bnisyariah.co.id/ diakses 29 Juli 2019.
http://www.brisyariah.co.id/ diakses 29 Juli 2019
http://www.syariahmandiri.co.id/ diakses 29 Juli 2019
Kasmir. (2014a). Analisis Laporan Keuangan, Edisi Satu, Cetakan Ketujuh. In Raja Grafindo Persada.
Kasmir. (2014b). Bank dan Lembaga Kuangan Lainnya. In PT. Raja Grafindo Persada jakarta.
Otoritas Jasa Keuangan. (2017). Laporan Perkembangan Keuangan Syariah 2015. Jakarta.
Peraturan Otoritas Jasa Keuangan. 2014. Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Syariah
dan Unit Usaha Syariah. No 8/POJK.03/2014.
Rahmaniah, M., & Wibowo, H. (2015). Analisis Potensi Terjadinya Financial Distress pada Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.
Veithzal, R. and others. (2007). Bank and Financial Institute Management. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Surat Edaran Bank Indonesia. (2011). Surat Edaran Bank Indonesia No. 13/24/DPNP tanggal
25 Oktober 2011. Tentang Matriks Perhitungan Analisis Komponen Faktor Analisis RGEC untuk Bank Umum.
Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan. (2014). SEOJK No. 10/SEOJK.03/2014. Tentang
Penilaian Kesehatan Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah.
Surat Edaran Bank Indonesia. (2007). Surat Edaran Bank Indonesia No.9/24/DPbs Tanggal 30
Oktober 2011. Sistem Penilaian Tingkat Kesehatan Bank Umum Berdasarkan Prinsip
Syariah.
Surat Edaran Bank Indonesia. (2010). Surat Edaran Bank Indonesia No. 12/13/DPbs Tanggal
30 April 2010. Pelaksanaan Good Corporate Governance Bagi Bank Umum Syariah dan
Unit Usaha Syariah.
Published
2020-08-27
How to Cite
Febrianto, H., & Fitriana, A. (2020). MENILAI TINGKAT KESEHATAN BANK DENGAN ANALISIS METODE RISK PROFILE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, EARNINGS, CAPITAL PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 6(1), 139-160. https://doi.org/10.36908/isbank.v6i1.135