Syirkah Prinsip Bagi Hasil pada Pembiayaan Di Bank Syari’ah

  • Moh Faizal STEBIS IGM
Keywords: Syirkah, Bank Syariah

Abstract

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Prinsip  bagi  hasil  merupakan  alternatif  operasional  yang  dapat  diterapkan  dalam kegiatan perbankan untuk menghindari riba dengan berbagi dalam untung dan rugi yang berdasarkan syariah Islam.  Dalam  prinsip  bagi  hasil  didasari  prinsip  at-ta’awun,  yaitu  saling  membantu  dan  saling  bekerja  sama  di  antara  anggota masyarakat untuk kebaikan dan prinsip menghindari al-iktinaz, yaitu menahan uang (dana) dan membiarkannya menganggur yang tidak berputar dalam transaksi yang bermanfaat  bagi  masyarakat  umum.  Bank Syari’ah dalam mengambil keuntungan mengembangkan prinsip bagi hasil. Salah satu di antaranya adalah menggunakan prinsip syirkah. Syirkah adalah akad kerja sama antara dua pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu di mana masing-masing pihak memberikan kontribusi (amal dan expertise) dengan kesepakatan bahwa keuntungan dan resiko akan ditanggung bersama sesuai dengan kesepakatan. Dalam praktik perbankan syari’ah, prinsip syirkah ini telah menjadi primadona, dalam hal pembiayaan.

Syirkah mempunyai lima karakter, Syirkah al-inan adalah persekutuan dua orang atau lebih untuk memasukkan bagian tertentu dari modal yang akan diperdagangkan dengan ketentuan keuntungan dibagi di antara para anggota sesuai dengan kesepakatan bersama, sedangkan modal masing-masing harus sama, Syirkah a’maal adalah bentuk kerjasama antara dua orang yang seprofesi untuk menerima pekerjaan secara bersama-sama dan berbagi keuntungan dari pekerjaan itu, Syirkah wujuh adalah persekutuan dua orang atau lebih dengan modal harta dari pihak luar untuk mengelola modal bersama-sama tersebut dengan membagi keuntungan sesuai dengan kesepakatan, syirkah ini berdasarkan kepercayaan yang bersifat kredibilitas, Syirkah Mudharabah, dimana persekutuan dua orang atau lebih satu berkontribusi lewat amal dan yang lain lewat modal, dan Syirkah mufawadha adalah gabungan dari beberapa macam syirkah (Syirkah inan syirkah abdan syirkah wujuh).

 

Jurnal Islamic Banking
Published
2017-02-27
How to Cite
Faizal, M. (2017). Syirkah Prinsip Bagi Hasil pada Pembiayaan Di Bank Syari’ah. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 2(2), 56-79. https://doi.org/10.36908/isbank.v2i2.32