Pendampingan Peran Guru Dalam Proses Belajar Anak di TK Makmur Terpadu Kabupaten Nabire Propinsi Papua Tengah

Main Article Content

 A Jumat Fimbay B
 Christina M. Lewerissa
 Laxmi Kyata W. Ansanai
 Dian Anugrah Sanusi
 Aris Widodo

Abstract

Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, guru merupakan pendidik profesional dengan berbagai tugas utama yang mencakup mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Di Taman Kanak-Kanak (TK), guru menghadapi tantangan unik karena anak usia dini cenderung lebih suka bermain. Oleh karena itu, metode pengajaran yang santai dan menyenangkan menjadi penting untuk mengakomodasi kebutuhan anak-anak ini. Penelitian ini bertujuan untuk membantu guru TK di Makmur Terpadu, Kampung Wanggar Makmur, Kabupaten Nabire, dalam proses belajar mengajar dan mengenalkan pola belajar yang santai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode edukatif, yang mencakup tiga tahapan utama: persiapan, pendampingan, dan evaluasi kegiatan. Data menunjukkan bahwa TK Makmur Terpadu memiliki 4 orang guru dan 32 siswa dari berbagai latar belakang suku dan jenis kelamin. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan suasana kelas yang lebih ceria dan interaktif, peningkatan motivasi belajar siswa melalui pujian dan bimbingan, serta proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan efektif. Pendampingan ini berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih dinamis, memberikan motivasi belajar kepada siswa, dan menciptakan interaksi yang menyenangkan antara guru dan siswa, membantu guru memahami kemampuan dan perkembangan anak didik secara lebih mendalam selama proses belajar mengajar

Article Details

How to Cite
B, A. J., M. Lewerissa, C., W. Ansanai, L., Sanusi, D., & Widodo, A. (2024). Pendampingan Peran Guru Dalam Proses Belajar Anak di TK Makmur Terpadu Kabupaten Nabire Propinsi Papua Tengah. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 363-372. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1153
Section
Articles