Pengembangan Dan Pemasaran Hasil Pertanian Melalui E-Commerce Dan Media Sosial di Dusun Jurang Magelang

Main Article Content

 Dhea Octavia Saputri
 Cicilia Selita Dewi
 Dinda Jatiasih Alimaskus
 Fahri Rafif Ararik
 Wahyu Bagus Hindrawan
 Azhfar Farza Mahendra
 ikhsan Fauzi Adha

Abstract

Pengembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di Indonesia. Salah satu dampak utamanya adalah perubahan dalam pola pikir dan perilaku masyarakat, yang beralih ke teknologi modern untuk memenuhi kebutuhannya. Kemajuan teknologi memengaruhi sektor ekonomi, terutama dengan meningkatkan ketergantungan pada media dan teknologi dalam aktivitas perdagangan dan bisnis. E-commerce merupakan sebuah terobosan terbaru dalam sektor ekonomi yang berkembang seiring perkembangan teknologi. Terbukti dengan jumlah pengguna e-commerce yang mencapai angka yang signifikan. Masyarakat dapat memasarkan segala jenis hasil produk serta usahanya dalam e-commerce. Dusun Jurang merupakan daerah di Magelang Jawa Tengah yang mayoritas penduduknya adalah petani cabai yang memiliki potensi besar dalam pengelolaan hasil tani cabai. Terdapat peluang untuk mengembangkan produk lokal seperti cabai bubuk, yang memiliki potensi besar untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat, baik di dalam negeri maupun di pasar global. Tetapi masih terdapat beberapa kendala dalam pengembangan usaha dan pembangunan komunitas.  Diharapkan dengan membangun rantai pasokan yang efisien dan berkelanjutan, serta memperhatikan inovasi produk dan strategi pemasaran yang tepat, dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat lokal serta memberikan kontribusi pada pengembangan ekonomi yang berkelanjutan. Melalui pendekatan yang komprehensif dan berkelanjutan, dapat menciptakan perubahan positif dalam perilaku masyarakat dan memberikan manfaat sosial serta lingkungan yang berkelanjutan.

Article Details

How to Cite
Saputri, D., Dewi, C., Alimaskus, D., Ararik, F., Hindrawan, W., Mahendra, A., & Adha, ikhsan. (2024). Pengembangan Dan Pemasaran Hasil Pertanian Melalui E-Commerce Dan Media Sosial di Dusun Jurang Magelang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 409-420. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1167
Section
Articles