Upaya Penguatan Pendidikan Multikultural Melalui Match Up Moderasi Beragama Pada Tingkat Sekolah Dasar

Main Article Content

 Oktavia Annisa Cahyaningtias
 Ayu Lestari
 Pujiyono Pujiyono
 Risma Anjali Agustina
 Dwi Maryani Rispatiningsih
 Mambaul Ngadhimah

Abstract

Indonesia merupakan negara kaya akan keanekaragamanan sehingga disebut negara yang majemuk. Indonesia memiliki keanekaragaman mulai dari adat istiadat, ras, suku, agama, budaya, dan bahasa. Hal ini juga terdapat pada semboyan Negara Republik Indonesia yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Dengan adanya keberagaman ini tentunya menjadi tantangan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dibutuhkan penguatan sedini mungkin pada anak karena menjadi awal yang penting dalam proses kehidupan anak yaitu dengan memberikan penguatan pendidikan multikultural pada peserta didik Sekolah Dasar dapat menjadi pondasi dasar untuk meyiapkan peserta didik terjun langsung dalam kehidupan di tengah masyarakat yang multikultural. Salah satu konsep pendidikan multikultural adalah untuk membantu peserta didik agar dapat memperoleh pengetahuan, dan menghargai orang lain yang berbeda agama. Metode yang digunakan dalam pengadian ini adalah menggunakan Pendekatan ABCD (Asset Based Community Devolepment) yang meliputi Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Dari permasalahan tersebut kemudian tim memutuskan menciptakan sebuah media Match Up Moderasi Beragama. Peserta didik Sekolah Dasar dalam belajar masih bersifat konkret atau nyata. Sehingga diperlukan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan memberikan pengalaman secara langsung seperti Match Up moderasi beragama. Match Up moderasi beragama sebagai media evlauasi pendukung proses pembelajaran dan sebagai media dalam penguatan pendidikan multikultural pada tingkat sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Cahyaningtias, O., Lestari, A., Pujiyono, P., Agustina, R., Rispatiningsih, D., & Ngadhimah, M. (2023). Upaya Penguatan Pendidikan Multikultural Melalui Match Up Moderasi Beragama Pada Tingkat Sekolah Dasar. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(2), 321-332. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.944
Section
Articles