Analisis Segmentasi Pasar Pada Bank Syariah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis segmentasi pasar pada bank syariah dan bagaimana penerapannya dalam pengembangan produk dan layanan. Segmentasi pasar merupakan strategi penting untuk memahami karakteristik, kebutuhan, dan preferensi konsumen yang beragam, sehingga bank syariah dapat menawarkan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Dalam penelitian ini, segmentasi pasar dianalisis berdasarkan beberapa kriteria, termasuk demografi, geografi, psikografi, dan perilaku konsumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa segmentasi yang tepat memungkinkan bank syariah untuk lebih efektif dalam memasarkan produk, meningkatkan kepuasan pelanggan, serta memperluas pangsa pasar. Meskipun terdapat tantangan dalam identifikasi segmen yang tepat, penelitian ini juga menemukan bahwa segmentasi pasar yang efektif dapat memperkuat daya saing bank syariah dalam industri perbankan. Oleh karena itu, bank syariah perlu terus melakukan penelitian pasar dan berinovasi dalam pengembangan produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang terus berkembang.
Copyright (c) 2024 Ria Permata Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Pemberitahuan Hak Cipta Penulis yang menerbitkan artikel di Expense: Jurnal Manajemen Bisnis menyetujui ketentuan berikut: Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karyanya. publikasi awal dalam jurnal ini.
Expense: Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This means:
Notices:
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.