Strategi Public Relation Bank Syariah dalam Menghadapi Tantangan di Era Digital: Literature Review
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Public Relations (PR) yang diterapkan oleh bank syariah dalam menghadapi era digital, berdasarkan tinjauan literatur yang relevan. Era digital menghadirkan peluang dan tantangan bagi bank syariah, terutama dalam meningkatkan efisiensi operasional, memperluas inklusi keuangan, dan membangun loyalitas pelanggan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa bank syariah semakin banyak mengadopsi teknologi seperti Artificial Intelligents (AI) dan blockchain, serta memperkuat infrastruktur digital untuk memenuhi ekspektasi pelanggan dan mendukung layanan bagi UMKM. Strategi PR yang efektif melibatkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kesadaran publik, terutama di kalangan generasi muda, dengan menekankan nilai-nilai religius dalam komunikasi mereka. Namun, tantangan signifikan seperti persaingan dengan bank konvensional, keterbatasan teknologi, dan skeptisisme publik terhadap legitimasi praktik perbankan syariah memerlukan pendekatan strategis yang adaptif dan inovatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi teknologi, komunikasi yang efektif, dan fokus pada nilai-nilai budaya dan religius adalah elemen kunci dari strategi PR yang berhasil bagi bank syariah untuk memperkuat posisi mereka di era digital.
Copyright (c) 2024 Putri Jeni Meirisha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright Notice
Pemberitahuan Hak Cipta Penulis yang menerbitkan artikel di Expense: Jurnal Manajemen Bisnis menyetujui ketentuan berikut: Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini. Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karyanya. publikasi awal dalam jurnal ini.
Expense: Jurnal Manajemen Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This means:
Notices:
- You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation.
- No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.