KONSEP IJMÂ’ DAN APLIKASINYA DALAM MU’ÂMALAH MÂLIYYAH (HUKUM EKONOMI SYARIAH)
Abstract
Ijmâ’ menempati posisi ketiga setelah al-Quran dan sunah serta merupakan salah atu dari dalil hukum syara’. Disamping itu, terdapat pula kelompok yang menolak ijmâ’ dijadikan sebagai dalil hukum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep ijmâ’ dalam literatur ilmu ushul fikih dan aplikasinya dalam mu’âmalah mâliyyah (hukum ekonomi syariah). Penelitian menggunakan pendekatan yuridis normatif, oleh karena itu penelitian ini bersumber pada sumber sekunder berupa studi pustaka. Spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dan Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, Kesepakatan para mujtahid dari umat Islam pada suatu masa atas suatu hukum syara’ pasca wafatnya Nabi Saw, dan mayoritas ualama memandang bahwa ijmâ’ dapat dijadikan hujjah dalam penetapan hukum; kedua, aplikasi ijmâ dalam konteks muâmalah mâliyyah klasik teraplikasikan pada akad-akad bisnis seperti jual-beli, kerja-sama dan sewa-menyewa sebagaimana diinformasikan Ibn al-Mundzir dalam kitab al-ijmâ’. Adapun aplikasi ijma dalam mu’âmalah kontempere adalah ijmâ mengenai haramnya bunga bank, asuransi konvensional dan investasi reksadana konvensional.
References
Abd al-Karim Zaidan. 2015. Al-Wajȋz Fȋ Ushȗl Al-Fiqh. Beirut: Muasasah al-Risâlah.
Abd al-Wahab Khallaf. 2008. ‘Ilm Ushȗl Al-Fiqh. Kairo: Dâr al-Rasyȋd.
Abidin, Wahidatur Rohmah dan Zainal. 2017. “Studi Komparatif Asuransi Syari’ah Dan Asuransi Konvensional Dalam Perspektif Hukum Islam.” Al-Munazhzharah: Jurnal Hukum, Pemikiran dan Keislaman 1(1).
Abu Abdullah. 1983. Al-Taqrȋr Wa Al-Tahbȋr ‘Alâ Tahrȋr Al-Kamâl Ibn Al-Hummâm. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Abu Dawud. 2007. Sunan Abȋ Dâwud. Beirut: Dâr al-Fikr.
Adin Fadilah. 2016. “Probabilitas Ijma’ Di Era Modern (Implikasi Perbedaan Definisi, Syarat Dan Rukun Terhadap Kemungkinan Terjadinya Ijma’, Kedudukan Dan Hujjahnya).” Al-Majaalis 4(1): 131.
Ahmad Ajib Ridlwan. 2016. “Asuransi Perspektif Hukum Islam.” Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah 4(1).
Ahmad Ibn Hanbal. 2001. Musnad Al-Imâm Ahmad Ibn Hanbal. Beirut: Muasasah al-Risâlah.
al-Amidi. Al-Ihkâm Fȋ Ushȗl Al-Ahkâm. Beirut: al-Maktabah al-Islâmȋ.
al-Bukhari. 2008. Shahȋh Al-Bukhârȋ. Kairo: Dâr al-Hadȋts.
al-Fanari. 2006. Fushȗl Al-Badâ’i Fȋ Ushȗl Al-Syarâ’i. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
al-Ghazali. 1993. Al-Mustashfâ. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
al-Hakim. 1990. Al-Mustadrak ‘Alâ Al-Shahȋhain. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Nasa’i. 2001. Al-Sunan Al-Kubrâ. Beirut: Muasasah al-Risâlah.
al-Subki. 1995. Al-Ibhâj Fȋ Syarh Al-Minhâj. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
al-Syaukani. 1999. Irsyâd Al-Fuhȗl Ilâ Tahqȋq Al-Haq Min ‘Ilm Al-Ushȗl. Kairo: Dar al-Kitab al-‘Arabi.
Al-Syirazi. 2003. Alluma’ Fȋ Ushȗl Al-Fiqh. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Ali Hasab Allah. 1971. Ushûl Al-Tasyrî Al-Islâmî. Mesir: Dar al-Ma’arif.
AS, Susiadi. 2014. “Ijma’ Dan Issu Kotemporer.” ASAS 6(2): 122.
Hasanuddin Muhammad, dkk. 2020. “Ijma’ Dalam Konteks Penetapan Hukum Pada Suatu Negara.” Istinbath: Jurnal Hukum 17(1): 204.
Ibn Majah. 2008. Sunan Ibn Mâjah. Beirut: Dâr al-Fikr.
Iwadh al-Salami. 2005. Ushȗl Al-Fiqh Alladzȋ Lâ Yasa’u Al-Faqȋh Jahlahu. Riyadh: Dâr al-Tadmuriyyah.
Jaih Mubarok. 2002. Metodologi Ijtihad Hukum Islam. Yogyakarta: UII Press.
Mohammad Mufid. 2016. Ushul Fiqh Ekonomi Dan Keuangan Kontemporer. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Muhamad Nadratuzzaman Hosen dan Deden Misbahudin Muayyad. 2013. “Mendudukkan Status Hukum Asuransi Syariah Dalam Tinjauan Fuqaha Kontemporer.” Ijtihad, Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan 13(2).
Muhammad Abu Zahrah. Ushȗl Al-Fiqh. Kairo: Dâr al-Fikr al-‘Arabȋ.
Muhammad al-Khudari Beik. 2003. Ushȗl Al-Fiqh. Kairo: Dâr al-Hadȋts.
Muhammad Salam Madzkur. 1984. Al-Ijtihâd Fȋ Al-Tasyrȋ’ Al-Islâmȋ. t.t: Dâr al-Nahdhah al-‘Arabiyyah.
Mundzir, Ibn. 2004. Al-Ijmâ’. Kairo: Dâr Al-Atsâr.
Musfira. 2015. “Ijma’: Antara Sumber, Dalil Dan Manhaj Dalam Sistematika Kajian Ushul Fiqh.” Serambi Tarbawi 3(1): 2–3.
Musthafa al-Khan. 2012. Atsar Al-Ikhtilâf Fȋ Al-Qawâ’id Al-Ushȗliyyah Fȋ Ikhtilâf Al-Fuqahâ. Beirut: Muasasah al-Risâlah Nâsyirȗn.
Reonika Puspita Sari. 2018. “Perbandingan Reksadana Syariah Dengan Reksadana Konvensional Dalam Dunia Perbankan.” AL-INTAJ 4(1).
Rianto Adi. 2004. Metode Penelitian Sosial Dan Hukum. Jakarta: Granit.
Romli SA. 1999. Muqaranah Mazahib Fil Ushul. Jakarta: Gaya Media Pratama.
Slamet Heri Winarno. 2015. “Analisis Perbandingan Asuransi Syariah Dan Asuransi Konvensional.” Moneter 2(1).
Soerjono Soekanto & Sri Mamudji. 1985. Penelitian Hukum Normatif (Suatu Tinjauan Singkat). Jakarta: Rajawali Press.
Sya’ban Muhammad Isla’il. 1985. Tasyrȋ Al-Islâmȋ Mashâdiruh Wa Atwaruh. Mesir: Maktabah al-Nahdhah al-Misriyyah.
Syarifuddin, Amir. 2011. Ushul Fiqh Jilid 2. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Wahbah al-Zuhaili. 2006. Ushȗl Al-Fiqh Al-Islâmȋ. Beirut: Dâr al-Fikr.
Winda Rika Lestari. 2015. “Kinerja Reksadana Saham Syariah Dan Reksadana Saham Konvensional.” Jurnal Magister Manajemen 1(1).
Yuliantin. 2011. “Studi Tentang Sistem Penerapan Fatwa Bunga Bank Di Indonesia.” Al-Risalah: Jurnal Kajian Hukum Islam dan Sosial Kemasyarakatan I 11(2).
Copyright (c) 2021 Islamic Banking : Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Perbankan Syariah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
Islamic Banking by Islamic Banking is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License This permits anyone to:
- Share - copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt - remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
Under the following terms:
-
Attribution - You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions - You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.