Analisis Pemahaman dan Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagang Pengepul Barang Bekas Di Kota Palembang

  • Amir Salim Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri
Keywords: Penerapan Etika Bisnis Islam, Bisnis Islam Pedagang, Pengepul Barang Bekas Di Kota Palembang

Abstract

Dalam era globalisasi ini, perkembangan perekonomian dunia begitu pesat seiring dengan berkembang dan meningkatnya kebutuhan manusia akan sandang, pangan, dan teknologi. Kebutuhan tersebut meningkat sebagai akibat jumlah penduduk yang setiap tahun yang terus bertambah, sehingga menimbulkan persaingan bisnis makin tinggi. Hal ini terlihat dari upaya-upaya yang dilakukan masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu bentuk upaya masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup tersebut adalah usaha pemulung dan pengepul barang bekas. Pedagang pengepul barang bekas merupakan perdagangan yang tiada habis masa jenuhnya dalam berdagang, karena dalam perdagangan ini mendaur ulang barang yang masih layak untuk dipergunakan atau mendaur ulang barang bekas sehingga barang tersebut menjadi layak untuk dipergunakan kembali.

Terlepas dari jenis bisnis yang dijalankan, bisnis selalu memainkan peranan penting dalam kehidupan ekonomi dan sosial bagi semua orang disepanjang abad dan semua lapisan masyarakat agama Islam sejak awal lahirnya. Rasulullah memberikan apresiasi yang lebih terhadap kegiatan bisnis. Namun, Rasulullah tidak begitu saja meninggalkan tanpa aturan, kaidah, ataupun batasan yang harus diperhatikan dalam menjalankan perdagangan atau bisnis. Praktek manipulasi tidak akan terjadi jika dilandasi dengan moral yang tinggi. Moral dan tingkat kejujuran yang rendah akan menghancurkan tata nilai etika bisnis itu sendiri. Akan tetapi bagi orang-orang yang berkecimpung dalam bisnis yang dilandasi oleh rasa keagamaan mendalam akan mengetahui bahwa perilaku jujur akan memberikan kepuasan tersendiri dalam kehidupannya. Berbisnis secara etis sangat perlu dilakukan karena profesi bisnis pada hakekatnya adalah profesi luhur yang melayani masyarakat banyak. Usaha bisnis berada di tengah-tengah masyarakat, mereka harus menjaga kelangsungan hidup bisnisnya. Caranya ialah menjalankan prinsip etika bisnis. Etika bisnis Islam bertujuan mengajarkan manusia untuk menjalin kerjasama, tolong menolong dan menjauhkan diri dari sikap dengki dan dendam serta hal-hal yang tidak sesuai dengan syariah.

Adapun rumusan masalah meliputi tentang bagaimana pemahaman etika bisnis Islam pedagang pengepul barang bekas di Palembang dan bagaimana penerapan etika bisnis Islam pedagang pengepul barang bekas di Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis mengenai pemahaman etika bisnis Islam pedagang pengepul barang bekas di Palembang penerapan etika bisnis Islam pedagang pengepul barang bekas di Palembang.

 

Vol 4 No 1 Agustus Amir Salim
Published
2018-08-13
How to Cite
Salim, A. (2018). Analisis Pemahaman dan Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagang Pengepul Barang Bekas Di Kota Palembang. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 4(1), 57-74. https://doi.org/10.36908/isbank.v4i1.55