Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Trilogi (Studi Kasus: Prodi Manajemen)

  • Fanny Suzuda Pohan Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas
  • Zainul Kisman Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis dan Humaniora, Universitas Trilogi
Keywords: MBKM, Metode Deskriptif, Manajemen

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat dampak pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Trilogi khususnya Prodi Manajemen. Penelitian ini menggunakan data primer maupun data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Trilogi sebanyak 685 mahasiswa. Sampel yang digunakan sebanyak 312 mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif. Berdasarkan hasil survey yang diberikan 78,53% Mahasiswa yakin kegiatan MBKM memberikan dampak terhadap kompetensi tambahan mereka, 73,08% mahasiswa yakin kegiatan MBKM memperluas prespektif dalam menyelesaikan masalah dan 73,4% mahasiswa berpendapat kegiatan MBKM untuk perguruan tinggi sesuai dengan kebutuhan lulusan di masa mendatang.

References

Aji, R. S., & Putra, M. I. (2021). Role Model Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Program Studi Non-Agama. Working Paper.
Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan dalam Implementasi "Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar". Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1076-1087.
Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Bagaimana Penerapan dan Kedala yang Dihadapi oleh Perguruan Tinggi Swasta di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603-614.
Kusumaningtyas, M. T., & Rusydi, M. K. (2013). Pengaruh Persepsi dan Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Jurusan Akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Berkarir di Bidang Perpajakan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.
Prihatini, P. A., & Rachmawati, N. A. (2020). Pengaruh Motivasi, Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan dan Kesempatan Kerja di Bidang Perpajakan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi dalam Berkarir di Bidang Perpajakan. 2nd National Conference on Accounting and Auditing. Jakarta: Universitas Trilogi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020 Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta.
Prahani, et al. 2020. The Concept of “Kampus Merdeka” in Accordance with Freire’s Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education (SiPoSE). https://www.researchgate.net/publication/341089491.
Stauffer, B. 2020. What Are 21st Century Skills?.Applied Educational System. https://www.aeseducation.com/blog/what-are-21st-century-skills.
Wright, G.B. 2011. Student-Centered Learning in Higher Education. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ938583.pdf.
Published
2022-02-25
How to Cite
Pohan, F., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Trilogi (Studi Kasus: Prodi Manajemen). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307-314. https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.391