Pelatihan Pendekatan Pembelajaran Mikir Sebagai Solusi Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru MI Al Amin

Main Article Content

 Ahmad Ismail
 Nur Khikmah

Abstract

Mendorong siswa untuk berpikir kritis dan kreatif saat menghadapi tantangan pembelajaran jarak jauh adalah salah satu cara untuk memasukkan MIKIR ke dalam pembelajaran jarak jauh. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi mitra PKM kesempatan untuk belajar lebih banyak tentang cara menggunakan MIKIR dalam pembelajaran jarak jauh. Model yang digunakan untuk pengabdian adalah model Experiential Learning dengan metode pelatihan, dan pendampingan praktik dikelas. Temuannya adalah ada peningkatan kemampuan siswa untuk berpikir kritis dan kreatif serta kemampuan untuk menangani tantangan dengan lebih efektif. Hal ini ternyata juga mendorong guru meningkatkan kemampuan membuat LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) yang berbasis HOTS yang menjadi kunci untuk siswa aktif dalam belajar. Selain itu ada perubahan pendekatan pembelajaran yang signifikan dikelas, siswa jadi lebih aktif dan antusias untuk bertanya yang berakibat kompetensi professional dan kompetensi pedagogik guru berkembang dengan adanya pendekatan baru yaitu MIKIR yang dapat diterapkan pada pembelajaran offline dan ataupun online.

Article Details

How to Cite
Ismail, A., & Khikmah, N. (2024). Pelatihan Pendekatan Pembelajaran Mikir Sebagai Solusi Menerapkan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Guru MI Al Amin. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(2), 643-656. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.1027
Section
Articles