Optimalisasi Peran Galeri Investasi Edukasi Sebagai Sarana Investasi Pasar Modal Bagi Siswa

Main Article Content

 Versiandika Yudha Pratama
 Happy Sista Devy
 Muhammad Aris Safi'i
 Syamsuddin Syamsuddin
 Pratomo Cahyo Kurniawan
 Syifa Rohmah

Abstract

Rendahnya tingkat pemahaman investasi pada produk pasar modal terutama pada siswa SMA Negeri 2 Pemalang dikarenakan masih minimnya edukasi tentang skema investasi produk pasar modal serta belum adanya wadah investasi yang membuat banyak siswa masih belum bisa praktik langsung menginvestasikan asetnya pada pasar modal. Oleh karenanya, perlu adanya sarana investasi yang dapat menanungi keinginan siswa-siswi agar dengan mudah menginvestasikan asetnya pada produk pasar modal, yaitu dengan mendirikan Galeri Investasi Edukasi. Metode yang diterapkan pada kegiatan pengabdian ini adalah partisipatif dimana dalam hal ini untuk menjawab permasalah rendahnya tingkat literasi dan inklusi investasi pasar modal di lingkungan SMA Negeri 2 Pemalang akan didirikan Galeri Investasi Edukasi sebagai sarana literasi dan inklusi produk pasar modal di lingkungan SMA N 2 Pemalang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya Galeri Investasi Edukasi SMA N 2 Pemalang atas inisiasi kerjasama antara pihak sekolah, tim Galeri Investasi UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan, Bursa Efek Indonesia, dan Pintracho Sekuritas. Pembentukan Galeri Investasi Edukasi SMA Negeri 2 Pemalang diharapkan dapat menjadi wadah investasi dan juga membuat siswa-siswi maupun masyarakat disekitar lingkungan SMA Negeri 2 Pemalang tidak hanya mengenal pasar modal dari sisi teori saja akan tetapi dapat langsung melakukan praktek investasi

Article Details

How to Cite
Pratama, V., Devy, H., Safi’i, M., Syamsuddin, S., Kurniawan, P., & Rohmah, S. (2024). Optimalisasi Peran Galeri Investasi Edukasi Sebagai Sarana Investasi Pasar Modal Bagi Siswa. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 387-398. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1069
Section
Articles