Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Media Digital: Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru TK Nurul Ummah, Kotagede, Yogyakarta

Main Article Content

 Indriyani Ma’rifah
 Ahmad Asroni

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pelatihan pembuatan video pembelajaran melalui PowerPoint (PPT) bagi guru TK Nurul Ummah, Kotagede, Yogyakarta. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan (knowledge) dan ketrampilan (skill) para guru dalam merancang media pembelajaran. Kreativitas guru dalam menyediakan media pembelajaran yang variatif dapat meningkatkan antusiasme peserta didik dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah identifikasi kebutuhan peserta, penyusunan materi, pemilihan metode pelatihan, mendesain pelatihan, menghadirkan fasilitator ahli, pemberian sertifikat, evaluasi, dokumentasi, publikasi hasil, dan tindak lanjut. Ada lima langkah yang diperlukan dalam pembuatan video pembelajaran melalui PPT. Pertama, menyiapkan perangkat yang diperlukan pada saat proses pembuatan video pembelajaran. Kedua, menyiapkan materi pembelajaran berupa file PPT yang akan dibuat video. Ketiga, melakukan perekaman. Keempat, melakukan editing terhadap video pembelajaran tersebut. Kelima adalah mengubah file PPT ke dalam file video. Hasilnya para guru TK Nurul Ummah saat ini dapat membuat media pembelajaran dengan membuat video sendiri melalui PPT. Penggunaan media pembelajaran digital berwujud video membuat peserta didik di TK Nurul Ummah senang dan semangat dalam mengikuti pelajaran.

Article Details

How to Cite
Ma’rifah, I., & Asroni, A. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Media Digital: Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Guru TK Nurul Ummah, Kotagede, Yogyakarta. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 187-200. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1095
Section
Articles