Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Literasi Pojok Membaca di TK Harapan Bunda Kelurahan Karang Joang

Main Article Content

 Jepri Jepri
 Kiftian Hady Prasetya
 Nabila Aisyah

Abstract

Peningkatan kognitif anak sejak dini sangat penting untuk membantu mereka belajar dan memahami bahasa lebih baik. Anak-anak di TK Harapan Bunda, usia 5-6 tahun, mulai menunjukkan minat besar dalam mengeksplorasi dunia sekitar dan menyerap informasi dengan cepat. Oleh karena itu, periode ini merupakan waktu yang tepat untuk merangsang perkembangan kognitif mereka melalui pendekatan yang menarik dan interaktif. Penelitian ini membahas implementasi literasi pojok membaca di TK Harapan Bunda, Kelurahan Karang Joang. Dengan menyediakan buku-buku dwibahasa yang menarik, lingkungan belajar yang merangsang, serta sesi story telling dan tanya jawab aktif, diharapkan anak-anak dapat meningkatkan kemampuan kognitif mereka sambil menikmati proses pembelajaran. Di akhir sesi pembelajaran, siswa-siwi yang mengikuti sesi story telling dan tanya jawab menunjukkan peningkatan minat dalam membaca dan pemahaman bahasa. Mereka aktif bertanya dan berpartisipasi dalam diskusi, menunjukkan pemahaman yang baik terhadap materi yang diajarkan. Pendekatan literasi pojok membaca tidak hanya meningkatkan kognitif anak, tetapi juga merangsang minat mereka dalam belajar bahasa. Implementasi literasi pojok membaca di TK Harapan Bunda memberikan kontribusi positif dalam pengembangan keterampilan kognitif dan bahasa anak usia dini

Article Details

How to Cite
Jepri, J., Prasetya, K. H., & Aisyah, N. (2024). Meningkatkan Kognitif Anak Melalui Literasi Pojok Membaca di TK Harapan Bunda Kelurahan Karang Joang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(1), 225-232. https://doi.org/10.36908/akm.v5i1.1152
Section
Articles