Society 5.0: Kurikulum Merdeka sebagai Penggerak Ekosistem Entrepreneurship

Main Article Content

 M. Toyib
 Zahruddin Hodsay
 Hendri Gunawan
 Erma Yulaini
 Depi Pramika
 Diana Widhi Rachmawati
 Nuryanti Permatasari
 Ida Suryani

Abstract

Membangun ekosistem kewirausahaan tidaklah mudah, banyak tantangan yang harus dihadapi ditambah dengan adanya kesenjangan antara keterampilan di sekolah dan kebutuhan industri sehingga penerapan kurikulum merdeka menjadi kunci dalam menghadapi kesenjangan tersebut. Tujuan PkM untuk meningkatkan pemahaman peserta mengenai konsep dan prinsip kurikulum merdeka khususnya dalam kewirausahaan, meningkatkan kemampuan peserta dalam mengembangkan potensi diri dan mandiri belajar, dan meningkatkan relevansi serta kontektualitas pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Kegiatan PkM ini dilakukan dengan metode pelatihan, diskusi, serta tanya jawab. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dari peserta kegiatan baik siswa, guru, dan peserta lainya mengenai kewirausahaan/kewirausahaan, hal ini terlihat dari semangat peserta pada saat kegiatan berlangsung. Pada sesi diskusi dan tanya jawab peserta satu persatu mulai bertanya mengenai materi yang sudah disampaikan hingga di topik kegiatan PkM tersebut. Melihat hasil kegiatan PkM tersebut disarankan guru atau siswa dapat memanfaatkan digital dalam mendapatkan informasi terbaru mengenai kewirausahaan, strategi pembelajaran yang digunakan lebih bervariasi sehingga dapat membangkitkan semangat berwirausaha siswa, dan sekolah dapat menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mendukung kewirausahaan.

Article Details

How to Cite
Toyib, M., Hodsay, Z., Gunawan, H., Yulaini, E., Pramika, D., Rachmawati, D., Permatasari, N., & Suryani, I. (2024). Society 5.0: Kurikulum Merdeka sebagai Penggerak Ekosistem Entrepreneurship. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 473-480. https://doi.org/10.36908/akm.v5i2.1197
Section
Articles