Optimalisasi Strategi Pemasaran Minyak Atsiri Sereh Merah KTH Oro-Oro Ombo Batu untuk Meningkatkan Daya Saing

Main Article Content

 Nur Ida Iriani
 Zuhdi Ma'sum
 Tirta Yoga
 Agnes Quartina Pudjiastuti
 Apria Fransiska
 Grogorius Ceme

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan di AMKE (Area Model Konservasi dan Edukasi) Desa Oro-Oro Ombo, Batu dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing produk minyak atsiri sereh merah melalui optimalisasi strategi pemasaran. Permasalahan ditemui kurangnya pengetahuan pengelola AMKE dalam memanfaatkan media pemasaran, serta keterbatasan dalam desain kemasan yang menarik. Pendekatan yang digunakan dalam program ini adalah pelatihan intensif pemasaran secara offline dan online, serta optimalisasi media sosial dan platform e-commerce. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan dalam penjualan, dengan pendapatan naik dari Rp. 1.125.000 sebelum kegiatan pengabdian pada bulan Juli 2024 menjadi Rp. 2.500.000 pada bulan Agustus 2024 setelah strategi pemasaran diterapkan. Perbaikan kemasan, pemanfaatan media digital, dan strategi pemasaran yang lebih baik berhasil meningkatkan brand awareness serta membangun citra produk yang lebih profesional di konsumen.

Article Details

How to Cite
Iriani, N., Ma’sum, Z., Yoga, T., Pudjiastuti, A., Fransiska, A., & Ceme, G. (2024). Optimalisasi Strategi Pemasaran Minyak Atsiri Sereh Merah KTH Oro-Oro Ombo Batu untuk Meningkatkan Daya Saing. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 605-618. https://doi.org/10.36908/akm.v5i2.1293
Section
Articles