Pelatihan Project-Based Learning untuk Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 12 Palembang: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Main Article Content

 Nurul Aryanti
 Pratiwi Lestari
 Welly Ardiansyah

Abstract

Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sangat penting dalam menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan bermakna bagi siswa. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penerapan PjBL dalam pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 12 Palembang serta menganalisis proses dan hasilnya. Menggunakan pendekatan berbasis masyarakat, pelatihan dilakukan dengan metode ceramah dan diskusi bersama enam guru Bahasa Inggris. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman para guru terhadap konsep PjBL, dimana rata-rata tingkat pemahaman meningkat sebesar 35% berdasarkan hasil pre-test dan post-test. Para peserta juga merasa lebih siap menerapkan metode ini dalam pengajaran mereka. Selain itu, 83% guru menunjukkan minat tinggi dalam merancang proyek pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum, meskipun mereka menghadapi tantangan terkait waktu dan sumber daya. Diskusi kelompok selama pelatihan memperkaya pemahaman peserta dan mendorong kolaborasi antar guru. Refleksi yang dilakukan setelah pelatihan menghasilkan rencana tindakan bagi guru untuk menerapkan PjBL di kelas mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan yang sistematis dan berkelanjutan untuk meningkatkan kesiapan dan pemahaman guru dalam menerapkan PjBL, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah

Article Details

How to Cite
Aryanti, N., Lestari, P., & Ardiansyah, W. (2024). Pelatihan Project-Based Learning untuk Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 12 Palembang: Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 727-734. https://doi.org/10.36908/akm.v5i2.1308
Section
Articles