Penguatan Pengetahuan Guru Mata Pelajaran Proyek IPAS dan Guru BK tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi

Main Article Content

 Alifia Candra Puriastuti
 Winny Kirana Hasanah
 Nina Rini Suprobo
 Rizqie Putri Novembriani
 Rias Gesang Kinanti
 Yuyud Wahyudi
 Dinda Farida Putri
 Nova Wulan Rahma Dani
 Erra Fazira
 Sevia Listiani

Abstract

Guru memiliki peranan penting dalam menyampaikan pendidikan seksual di sekolah, remaja yang berada di usia sekolah baik jenjang menengah, menengah atas maupun pendidikan tinggi lebih memilih guru/dosen sebagai sumber informasi kesehatan reproduksi. Oleh karenanya sasaran pengabdian masyarakat ini adalah 10 orang Guru Mata Pelajaran Proyek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial dan Guru Bimbingan Konseling, dengan mitra pengabdian SMKN 2 dan SMKN 3 Malang. Kegiatan dilaksanakan dengan metode Community Participatory Research dengan pendekatan pelatihan. Kegiatan pelatihan berupa tiga kali pemberian edukasi berseri terkait informasi-informasi seputar kesehatan reproduksi remaja serta mengaitkan dengan isu-isu terkini kesehatan reproduksi remaja. Kemudian dilanjutkan dengan mini workshop yang dilaksanakan pada pekan ke-4 yakni dengan membuat kelompok diskusi tentang masalah kesehatan reproduksi remaja yang sering ditemui di sekolah dan kendala dalam menyelesaikannya Setelah kegiatan pengabdian, guru menyatakan bahwa penting bagi tenaga pendidik untuk melakukan update tentang kesehatan reproduksi remaja dan harapannya dapat memberikan pendidikan kesehatan reproduksi dalam pembelajaran di kelas.

Article Details

How to Cite
Puriastuti, A., Hasanah, W., Suprobo, N., Novembriani, R., Kinanti, R., Wahyudi, Y., Putri, D., Dani, N. W., Fazira, E., & Listiani, S. (2024). Penguatan Pengetahuan Guru Mata Pelajaran Proyek IPAS dan Guru BK tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 771-778. https://doi.org/10.36908/akm.v5i2.1319
Section
Articles