Teknik Think, Pair, and Share dalam Pembelajaran PAI

Main Article Content

 Endang Switri
 Sri Safrina
 Abdul Gofur
 Apriyanti Apriyanti

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengimplementasikan model pembelajaran Think, Pair, and Share (TPS) di kelas. Model TPS, sebagai salah satu pendekatan pembelajaran kooperatif, dirancang untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa, mendorong kerja sama, serta memperdalam pemahaman konsep melalui tahapan berpikir individu, diskusi berpasangan, dan berbagi hasil dalam kelompok besar. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dengan partisipasi guru-guru PAI dari berbagai jenjang pendidikan. Metode pelatihan mencakup paparan konsep teoretis, simulasi praktik penerapan model TPS, dan sesi refleksi untuk mengevaluasi hasil pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual dan keterampilan guru dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran berbasis TPS. Selain itu, ditemukan peningkatan motivasi guru untuk mengadopsi metode pembelajaran yang lebih kolaboratif dan berpusat pada siswa, yang berpotensi meningkatkan kualitas interaksi pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Switri, E., Safrina, S., Gofur, A., & Apriyanti, A. (2025). Teknik Think, Pair, and Share dalam Pembelajaran PAI. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 5(2), 863-870. https://doi.org/10.36908/akm.v5i2.1326
Section
Articles