Penerapan Simulink dalam Merancang Gerbang Logika Dasar untuk Menunjang Pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Palembang
Main Article Content
Abstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa SMK terhadap konsep dasar gerbang logika melalui pendekatan simulasi Simulink pada Matlab. Dalam kegiatan ini materi yang diberikan berupa pengenalan Simulink dan penjelasan mengenai konsep Gerbang Logika Dasar serta Implementasi gerbang Logika di Simulink. Metode pelaksanaan meliputi pemaparan teori dan pelatihan praktik secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang dengan melibatkan 30 siswa. Metode pelaksanaan meliputi pemaparan teori dan pelatihan praktik secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 2 Palembang dengan melibatkan 30 siswa. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa dari 36,7% menjadi 56,67%. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan Simulink sebagai media pembelajaran efektif dalam memperkuat pemahaman konsep digital dasar serta memberikan dampak positif dalam proses belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.