Peningkatan Performa Konsultan Pajak di KKP Rahayu Antari Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Perpajakan: Pelafalan Dan Korespondensi
Main Article Content
Abstract
Pariwisata Bali berdampak signifikan terhadap banyak aspek di Provinsi Bali. Salah satu aspek yang merasakan dampak signifikan adalah aspek perpajakan. Dengan demikian, masyarakat yang memiliki profesi di bidang perpajakan sering berkontak langsung dengan warga internasional, terkhusus bagi konsultan pajak. Akan tetapi, kurangnya keterampilan dalam berbahasa Inggris seringkali menghambat terwujudnya komunikasi yang berhasil. Oleh karena itu, peningkatan kemampuan bahasa Inggris signifikan untuk dilaksanakan. PKM dilaksanakan pada Kantor Konsultan Pajak (KKP) Rahayu Antari yang mayoritas kliennya adalah perusahaan yang bekerja sama atau dimiliki oleh warga internsional. Pada pelaksanaannya, peserta tidak hanya mendapatkan pengayaan dan pelatihan pelafalan kosa kata perpajakan dalam bahasa Inggris, namun juga kosa kata kepariwisataan dan keramahtamahan, sekaligus aplikasinya dalam percakapan umum dan korespondensi. Metode Role Play dan Learning by Doing diterapkan. Hasil dari PKM ini sudah mulai terlihat sejak pertemuan keempat masa pelatihan, yakni para konsultan pajak di KKP Rahayu Antari mulai lebih lancar dan percaya diri dalam melayani klien internasional secara lisan maupun tulisan. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata post-test mencapai 86,5 dibandingkan dengan nilai rata-rata pre-test 60,5
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.