Sosialisasi Pentingnya Kemasan Kreatif Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Produk UMKM Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan
Main Article Content
Abstract
Sosialisasi pentingnya kemasan kreatif produk untuk daya saing UMKM di Kabupaten Musi Banyuasin bertujuan mendorong inovasi desain kemasan yang relevan dengan tren pasar dan memenuhi kebutuhan konsumen sehingga produknya dapat bersaing. Adapun metode yang digunakan adalah metode sosialisasi, diskusi interaktif, dan analisis produk kemasan. Fokus utama kegiatan ini adalah pada analisis elemen kemasan, seperti label merek, komposisi estetis elemen grafis (warna, garis, dan tipografi), serta informasi produk. Hasil capaian kegiatan PkM ini diantaranya perserta memahami bahwa kemasan tidak hanya sebagai pelindung produk, tetapi juga alat komunikasi merk yang efektif. Selain itu peserta juga memahami elemen penting kemasan seperti warna, identitas produk, tipografi, dan pentingnya label yang informative dan legal. Dengan demikian, peserta dapat mendesain kembali kemasan produknya agar memiliki daya saing yang kuat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.