Pelatihan Kosakata Bahasa Inggris dengan Metode CTL bagi Siswa SD Mataram Palembang
Main Article Content
Abstract
Lemahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris yang dimiliki siswa-siswi Sekolah Dasar disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya keterbatasan kesempatan belajar dan pengunaan metode pengajaran yang kurang tepat. Hal seperti ini terjadi di banyak sekolah di Indonesia, tidak terkecuali SD Mataram Palembang. Dalam observasi yang dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan pengabdian, penulis penulis menemukan peserta didik di SD Mataram Palembang memiliki eksposur yang sangat rendah terhadap Bahasa Inggris. Peserta didik memiliki kosakata yang terbatas namun di sisi lain mereka memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi untuk menguasai bahasa Inggris. Program pengabdian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar melalui metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa SD Mataram Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan selama 12 pertemuan dengan 44 siswa dari berbagai tingkatan kelas 4-6 Sekolah Dasar yang menjadi sampel. Pengunaan tes dan wawancara menjadi instrumen dalam mengukur tingkat keberhasilan dari kegiatan ini. Adapun komponen test yang diukur adalah cara pengucapan yang benar, artikulasi yang baik dan intonasi yang tepat. Hasil dari kegiatan ini menunjukan bahwa metode CTL ini mampu meningkatkan jumlah kosakata bahasa Inggris dengan mudah dan relevan. Sedangkan dari sudut pandang siswa ditemukan bahwa metode CTL ini dapat menciptakan atmosfir belajar yang aktif. Di masa akan datang, kegiatan pengabdian seperti ini dianjurkan untuk tetap dilaksanakan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.