Peningkatan Daya Saing Siswa SMA 1 Banyuasin Melalui Pengenalan Literasi Digital Marketing

Main Article Content

 Chandra Satria
 Nabila Nabila
 Satria Satria

Abstract

Kegiatan  pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan  untuk meningkatkan daya saing dan kesiapan siswa SMA 1 Banyuasin dalam menemui tantangan era digital melalui pengenalan literasi digital marketing.  latar belakang kegiatan ini didasarkan atas kebutuhan generasi muda, terutama pelajar kelas 12, untuk memiliki pemahaman dan keterampilan dasar di bidang pemasaran digital sebagai persiapan memasuki dunia kerja, dunia usaha, maupun pendidikan lanjutan yang berbasis teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah interaktif, diskusi kelompok, dan pelatihan langsung berupa penggunaan platform media sosial seperti Instagram dan TikTok, serta simulasi pengguna marketplace dan alat-alat digital marketing lainnya. Pelaksanaan kegiatan berlangsung secara tatap muka dalam beberapa sesi dengan melibatkan tim dosen dan mahasiswa pendamping dengan falsafah partisipatif untuk siswa aktif dalam proses belajar. Hasil kegiatan juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap konsep digital marketing dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  peserta juga mampu membuat akun promosi platform market place,  konten promosi sederhana serta mengenal strategi pemasaran digital berbasis media sosial. Kegiatan ini memberikan manfaat langsung berupa peningkatan literasi digital dan motivasi  berwirausaha siswa tingkat atas sejak dini. Dampaknya kegiatan pengabdian ini  adalah mengembangkan motivasi pelajar uterhadap perkembangan teknologi dan memiliki daya saing kedepan. Kegiatan ini berimplikasi atas azaz manfaat terhadap kemampuan digital siswa dan kedepan dapat dikembangkan lebih lanjut di sekolah-sekolah lainnya di daerah palembang dan sekitarnya. Kegiatan pelatihan  ini akan mampu mengembangkan ekosistem pelajar yang melek digital dan siap bersaing dunia usaha dan kerja

Article Details

How to Cite
Satria, C., Nabila, N., & Satria, S. (2025). Peningkatan Daya Saing Siswa SMA 1 Banyuasin Melalui Pengenalan Literasi Digital Marketing. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 6(1), 237-246. https://doi.org/10.36908/akm.v6i1.1483
Section
Articles