Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMA Negeri 3 Kayu Agung

Main Article Content

 Nur Ahyani
 Happy Fitria
 Yasir Arafat
 Edi Harapan
 Meilia Rosani
 Nurlina Nurlina
 Mahasir Mahasir
 Tri Widayatsih

Abstract

Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang dapat dilakukan guru dalam rangka memperbaiki proses pembelajaran di kelas untuk mencapai tujuan tertentu. Pelatihan ini untuk memberikan solusi atas permasalahan guru yang terjadi pada kelas yang diajarnya. Kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru mengenai penyusunan proposal PTK dalam pembelajaran di SMA Negeri 3 Kayu Agung. Peserta kegiatan pelatihan adalah guru-guru SMA Negeri 3 Kayu Agung. Kegiatan dilakukan dengan pelatihan, tanya jawab dan drill dengan melalui beberapa tahapan. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu (1) Sosialisasi penyusunan proposal penelitian tindakan kelas; (2) pendampingan penulisan proposal PTK, (3) Pemberian tugas membuat proposal penelitian tindakan kelas. Dalam pendampingan pembuatan proposal penelitian tindakan kelas ini, setiap peserta diwajibkan untuk membuat proposal penelitian tindakan dengan didampingi oleh tim pengabdi dari PPs Universitas PGRI Palembanga, Jurusan Manajemen Pendidikan. Kesimpulan hasil pelatihan (1) Ada peningkatkan keterampilan guru di SMA Negeri 3 Kayu Agung dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas, (2) Dalam menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah Taman Rama Denpasar dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan sudah mengalami peningkatan dalam membuat proposal dan melaksanakan PTK.

Article Details

How to Cite
Ahyani, N., Fitria, H., Arafat, Y., Harapan, E., Rosani, M., Nurlina, N., Mahasir, M., & Widayatsih, T. (2023). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Pada Guru SMA Negeri 3 Kayu Agung. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(2), 291-298. https://doi.org/10.36908/akm.v3i2.686
Section
Articles