Pemberdayaan Umkm Melalui Optimasi Media Digital Pada Komunitas Inkusi (Inovasi Kewirausahaan Syariah)
Main Article Content
Abstract
UMKM di Indonesia mempunyai peranan yang sangat penting untuk perekonomian. Pasca pandemi terjadi suatu perubahan perilaku konsumsi barang dan jasa dari offline ke online. Kondisi ini mengharuskan pelaku UMKM dapat memaksimalkan manfaat dari perkembangan teknologi untuk menjual dan mempromosikan produk yang dimiliki secara online demi kelancaran usaha. Namun pada kenyataanya terdapat kendala masih rendahnya kualitas SDM tentang digitalisasi, kurangnya pengetahuan usaha secara online hingga bagaimana memasarkan melalui platform digital dan kesiapan tenaga ahli yang belum maksimal.Untuk itu perlu adanya dukungan pemerintah dan semua pihak yang dapat membuat pelaku UMKM mampu memanfaatkan media digital dalam memasarkan produk agar dapat meningkatkan daya saing melalui sosialisasi dan pelatihan / pendampingan dengan praktek langsung menggunaan teknologi digital Pendampingan menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dengan memanfaatkan aset dan potensi masyarakat. Tujuannya adalah melalui Optimasi Media Digital UMKM dapat memanfaatkan media digital sebagai sarana pemasaran produk mereka secara berkelanjutan sehingga menjadi produk unggulan yang dapat dipasarkan secara nasional maupun internasional secara online.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.