Pengemasan Konten Sosial Dan Edukatif Social And Educational Content Packaging

Main Article Content

 Galih Pratama
 Marwani Marwani
 Ridwan Mustofa

Abstract

Remaja seringkali terjebak dalam urusan privacy violations baik sebagai pelaku ataupun sebagai korban. Pada saat orang mengunggah sesuatu, dan terjadi interaksi dengan pihak lain, maka komunikasi interpersonal terjadi, dan disaat yang sama terjadi juga komunikasi massa, sebab apapun yang diunggah bisa langsung dinikmati dan dilihat khalayak banyak. Oleh karena itu, pelatihan ini dianggap penting untuk memberikan pemahaman dalam berkomunikasi dengan baik dan benar sesuai dengan etika yang berlaku pada media sosial. Metode pengabdian kepada masyarakat ini terdapat 5 tahapan yaitu; 1)survey, 2)rancangan teknis, 3)sosialisasi, 4)pelaksanaan kegiatan, dan 5)evaluasi. Sedangkan  laporan kegiatan pelatihan adalah metode deskriptif. Pelatihan terbagi menjadi 2 sesi. Pertama, sesi materi tentang teknologi media yang mencakup konsep dasar dan manfaat teknologi komunikasi, etika media masa, bahaya konten non-edukatif, cara mengemas iklan sosial dan edukatif selama 2 jam. Pada sesi ini peserta nampak interaktif pada sesi diskusi membahas seputar etika media masa, bahaya konten non-edukatif. Sedangkan pada sesi kedua, sesi pelatihan videografi dan video editing dilaksanakan selama 6 jam.

Article Details

How to Cite
Pratama, G., Marwani, M., & Mustofa, R. (2023). Pengemasan Konten Sosial Dan Edukatif Social And Educational Content Packaging. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(2), 373-380. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.927
Section
Articles