PERAN BISNIS ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF; STUDI OBSERVASI TERHADAP PELAKU USAHA DI KOMUNITAS MUSLIM

Main Article Content

 Marsinah Marsinah
 RA Rodia Fitri Indriani
 Hatidah Hatidah

Abstract

Bisnis Islami memiliki peran penting dalam pengembangan ekonomi kreatif, khususnya di komunitas Muslim. Penelitian ini mengangkat isu krusial berupa bagaimana prinsip-prinsip syariah seperti larangan riba, etika perdagangan, dan keberlanjutan ekonomi diterapkan dalam bisnis kreatif, serta dampaknya terhadap pemberdayaan ekonomi lokal. Masalah utama yang dihadapi adalah minimnya inovasi, keterbatasan akses ke teknologi, dan tantangan dalam membangun daya saing di pasar global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kontribusi bisnis Islami terhadap ekonomi kreatif serta mengidentifikasi tantangan dan peluangnya. Dengan pendekatan studi observasi natural, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi pelaku usaha kreatif berbasis Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis Islami berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal melalui praktik yang etis dan inklusif, meskipun terkendala akses ke pasar global. Kesimpulan menunjukkan perlunya sinergi antara inovasi dan dukungan kebijakan untuk meningkatkan kontribusi sektor ini.

Article Details

How to Cite
Marsinah, M., Fitri Indriani, R., & Hatidah, H. (2025). PERAN BISNIS ISLAMI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF; STUDI OBSERVASI TERHADAP PELAKU USAHA DI KOMUNITAS MUSLIM. Ekonomica Sharia: Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Ekonomi Syariah, 10(2), 221-240. https://doi.org/10.36908/esha.v10i2.1348
Section
Articles